Baju Muslim Pernikahan – Busana Pengantin Islami


Busana Pengantin Islami

 

Tampil cantik dalam pernikahan sendiri lumrahnya menjadi impian gadis-gadis di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Bagi gadis Indonesia, ada beragam opsi tema pernikahan yang bisa dipilih. Bertema tradisional, internasional, ataupun religius. Untuk pengantin wanita yang pribadi dan lingkungan keluarganya masih kuat dalam menjaga tradisi dan adat, cenderung pada pilihan kebaya. Kebaya adalah kebanggaan orang Indonesia. Bangga dalam berkebaya bukan hanya bagi masyarakat Jawa, Sunda, Betawi, Bali, atau suku-suku tertentu lainnya, melainkan juga seluruh orang Indonesia secara global.

Namun, jangan sampai adat tradisi yang kuat sampai mengabaikan perintah agama. Menikah secara syar’i, sesuai dengan ketentuan syariat Islam namun tetap menghormati adat bisa dilakukan tanpa melalaikan salah satunya. Modifikasi kebaya yang cantik dan anggun, dengan model tertutup dan bahan kain yang tidak transparan, bisa menjadi alternatif dalam memadukan syariah dengan budaya Indonesia sebagai baju muslim pernikahan. Kebaya Indonesia yang sesuai pakem, umumnya dibuat dari kain brokat dan renda yang bisa dikatakan ‘bolong-bolong’. Padahal, ini tidak sesuai dengan aturan Islami dan baju muslim pernikahan. Namun, ada model kebaya yang bisa dikenakan dengan kaus manset di dalamnya, lengkap dengan kerudung sebagai penutup aurat yang serasi dan elegan.

Setelah memastikan bahwa rancangan baju muslim pernikahan sesuai dengan hukum Islam, jangan khawatir untuk menyesuaikan desainnya agar cocok dengan bentuk tubuh. Bukan berarti bahwa calon mempelai wanita kemudian merancang kebaya dengan model ketat sehingga lekuk tubuhnya terlihat jelas, namun maksudnya desain menyesuikan postur tubuh agar tidak tampak kedodoran atau kekecilan. Carilah desain yang tidak membuat tubuh terlihat jauh lebih pendek bila tubuh tidak terlalu tinggi. Juga, jangan sampai tenggelam dalam kebaya dengan renda dan rumbai-rumbai yang menumpuk kalau memiliki postur tubuh mungil.